Selasa, 30 Juni 2020

WUSHU SD AL KAUTSAR








WUSHU SD AL KAUTSAR


Bandar lampung, 31 Oktober 2019

O
lah raga bela diri wushu merupakan salah satu olah raga yang dikembangkan di SD Al Kautsar , olah raga oriental ini menjadi salah satu olah raga favorite bagi siswa SD Al Kautsar karena selain mengolah olah gerak yang menjadi ketrampilan motorik,  cabang olah raga ini juga menggunakan piranti yang menarik seperti atribut pakaian dengan model yang dirancang unik dan khusus dan warna yang cerah, toya atau tongkat, kipas dan pedang yang dimainkan dengan ketrampilan gerak yang membutuhkan kecakapan khusus.
Secara historis Kata Wushu berasal dari dua kata yaitu “Wu” dan “Shu”. Arti dari kata “Wu” adalah ilmu perang, sedangkan arti kata “Shu” adalah seni. Sehingga Wushu bisa juga diartikan sebagai seni untuk berperang atau seni beladiri (Martial Art). Namun seni perang bukan hanya seni gerak badan, tapi mencakup hal yang lebih luas, yaitu seni menggerakan pasukan, mengatur logistik, mengatur strategi dan sebagainya. Jadi untuk Kata Wushu arti yang paling tepat adalah seni beladiri atau Martial Art.
Menurut Ibu Trisunah,S.Ag.,M.PdI Selaku Koordinator Ekskul Wushu SD Al Kautsar  bahwa Seriring dengan perkembangannya olahraga kanuragan ini sejak berdiri pada tanggal 13 Agustus 2016 berkembang menjadi olah raga prestasi , dan dalam memajukan cabang olahraga ini SD Al Kautsar telah bekerjasama pula dengan perguruan Wushu Naga mas Lampung. Aktifitas ekskul ini diikuti oleh siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan didampingi para instruktur yang berprestasi dan berpengalaman dalam olahraga bela diri,sederet prestasi unggulan telah diraih dari event kejuaraan daerah, nasional, bahkan kejuaraan internasional di Bali beberapa waktu yang lalu pun telah diikuti, dan  bahkan pada tanggal 13 sd 17 november 2019 perguruan wushu SD Al Kautsar ini direncanakan akan mengikuti kejuaraan di Kalimantan Timur dengan mengirimkan 6 orang Atlit  dan selain itu juga akan mengikuti WUGAMES yang dilaksanakan di UI Depok yang akan diikuti atlit sejumlah 18 orang dari SD Al Kautsar.       (writted by bang Odans). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar